Profil Teater Gadjah Mada

Teater Gadjah Mada atau sering disingkat TGM merupakan salah satu komunitas teater dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Gadjah Mada. Teater Gadjah Mada adalah sebuah teater kampus yang didirikan tahun 1973. Dalam perjalanannya, eksistensi Teater Gadjah Mada diperkuat antara lain oleh Mirkoen Awali, Landung Simatupang, Heru Sambawa, Suharyoso S.K, Soeprapto Budi Santoso, dkk. Selama satu dasawarsa terakhir, Teater Gadjah Mada mengalami berbagai pembaharuan, sejalan dengan perkembangan dunia per-teater-an.

Bukan hanya sekedar berusaha agar tetap eksis dalam dunia perteateran, melainkan Teater Gadjah Mada dengan proses-proses kreatifnya juga mencoba berinovasi dan menggali bentuk-bentuk kesenian tradisional yang hampir punah seperti kethoprak lesung, dan juga berusaha menggali bentuk-bentuk baru, yang disesuaikan dengan kontek jaman yang selalu berubah.

Rutinitas untuk menjaga kontinuitasnya, Teater Gadjah Mada mempunyai beberapa kegiatan yang dilakukan berkala, antara lain: Malam Kreasi sebulan sekali, Pentas Reportoar tiga bulanan. Disamping berusaha untuk meningkatkan kualitas dalam setiap pementasannya, baik dari segi orisinalitas artistik maupun pencapaian makna estetik naskah yang di pentaskan. Sehingga dalam setiap pementasan tidak hanya selesai di panggung, tetapi juga diharapkan akan ada perenungan nilai esensial bagi anggota Teater Gadjah Mada sendiri, masyarakat penonton dan masyarakat umum.

Untuk bisa sampai pada tujuan tersebut di atas, maka Teater Gadjah Mada terus saja melakukan berbagai proses kreatif dengan tidak menutup kemungkinan memasukkan inovasi-inovasi baru. Mulai dari riset naskah, eksplorasi keaktoran, inovasi teknologi pada tata artistik dan pola pemanggungan. Teater Gadjah Mada adalah komunitas teater yang berbasiskan pada kegiatan kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada. Teater Gadjah Mada adalah perkumpulan para anak-anak muda yang punya minat untuk berkreasi di dalam bentuk kesenian teater. Dalam perjalanannya Teater Gadjah Mada telah menampilkan berbagai bentuk pertunjukan teater, yang selalu berusaha disesuaikan dengan konteks jamannya.

Sebagai komunitas yang berada di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada, Teater Gadjah Mada mencoba untuk mengembangkan sebuah komunitas anak-anak muda yang kegiatannya bernafaskan pada semangat intelektualitas dan kebudayaan, terutama dalam melihat kekinian jamannya. Semangat ini tidak hanya dilangsungkan dalam proses untuk menuju ke sebuah pertunjukan, tapi juga melalui bentuk-bentuk kegiatan lain yang mendukung proses berkesenian orang-orang yang menjadi bagian dari komunitas. Beberapa kegiatan yang dilakukan di dalam Teater Gadjah Mada antara lain diskusi mengenai masalah-masalah yang aktual, membangun jaringan teater dengan kelompok teater lain di Yogyakarta, serta apresiasi pada karya sastra.

Teater Gadjah Mada mempunyai basis penonton para mahasiswa Universitas Gadjah Mada, serta para penikmat kesenian di Yogyakarta.